Home » » Tips Simpel Saat Motor Anda Mogok Disaat Banjir

Tips Simpel Saat Motor Anda Mogok Disaat Banjir



Pada musim hujan seperti sekarang ini, banyak daerah di Indonesia tergenang air atau banjir, segala upaya telah dilakukan untuk mencegah datangnya banjir ini.

Namun tampaknya banjir seolah tidak pernah lepas dari Indonesia,  seakan banjir sudah identik sekali dengan Indonesia pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Banjir membawa dampak yang buruk di segala hal, tak terkecuali membawa dampak buruk bagi motor anda apabila anda sedang terjebak banjir dan tidak mempunyai pilihan selain menerobos banjir tersebut.

Tentu saja hal ini akan berdampak pada mogoknya mesin motor anda, namun anda tidak usah khawatir ada beberapa cara untuk mengatasi mogoknya motor anda setelah menerobos banjir.

Berikut tipsnya :

1. Bersihkan busi

Busi adalah elemen penting dari sebuah kendaraan bermotor, karena busi memiliki fungsi sebagai pematik api yang biasanya akan sensitif bila terkena air. Caranya dengan lap busi dengan kain kering lalu gunakan sikat gigi untuk membesihkan ujung busi.

2. Bersihkan knalpot dari air

Knalpot biasanya akan terisi air saat kendaraan nekat menerjang banjir, langkah kedua yang benar adalah bersihkan knalpot dari air dengan cara mengangkat ban depan sehingga air keluar dari knalpot.

3. Bersihkan karburator dari air

Bagi Anda pemilik sepeda motor yang masih menggunakan karburator, apabila masih belum bisa menyala, lebih baik periksa karburator untuk memastikan tidak ada air yang bercampur dengan bahan bakar di kendaraan.

4. Periksa oli


Lalu hal yang perlu dilakukan adalah memeriksa oli, apakah oli bercampur dengan air. Apabila oli bercampur dengan air, oli akan berwarna putih, hal ini sangat penting pula untuk diperiksa.

5. Panaskan mesin

Akan lebih baik bila tidak langsung men-starter motor Anda setelah banjir, melainkan dengan cara manual yakni diengkol,  lalu panaskan mesin.

Setelah melakukan hal tersebut akan lebih baik bila segera membawa motor ke bengkel terdekat untuk menghidari kerusakan lebih parah pada mesin.

Demikian info tentang Tips Simpel Saat Motor Anda Mogok Disaat Banjir





Popular Posts